Cara Mengatasi Tidur Dengkur atau Ngorok

 

            Mungkin dengan tidak sadar, anda sudah biasa dengan kebiasaan tidur mendengkur. Untuk anda sendiri mungkin hal tersebut bukan merupakan suatu hal yang mengganggu. Akan tetapi, untuk pasaangan atau teman tidur anda pasti akan merasa sangat terganggu sekali dengan kebiasaan anda tersebut. Bahkan menurut para pakarnya, kebiasaan mendengkur tersebut dapat menimbulkan suatu masalah yang sangat serius dalam pernikahan.

            Tentunya anda pati tidak ingin terjadi masalah dalam rumah tangga anda hanya karena masalah tidur dengan kebiasaan mendengkur. Agar dapat mengatasi dengkur saat tidur, berikut ada beberapa cara mengatasi dengkur saat tidur:

  1. Dengan merubah posisi tidur

Pada saat anda tidur pada posisi terlentang, dapat menyebabkan pangkal lidah serta langit-langit yang lunak dapat jatuh pada tenggorokan di bagian dinding belakang, dan hal tersebut dapat menimbulkan pada saat tidur suara jadi bergetar.

Dengan merubah posisi tidur dengan berbaring dan posisi kepala diperpanjang bisa membuka saluran pernapasan pada hidung dan dapat membantu mengatasi dengkur saat tidur. Akan tetapi, dapat mengakibatkan leher menjadi sakit.

  1. Mengurangi berat badan

Biasanya, tidur dengan mendengkur ini dialami oleh seseorang yang gemuk atau mempunyai berat badan yang berlebih. Akan tetapi, walaupun demikian bukan berarti seseorang yang memiliki badan yang kurus tidak semuanya dapat tidur dengan tidak mendengkur.
Anda dapat memperhatikan pada saat anda belum memiliki badan kurus, setiap tidur tidak pernah mendengkur dan bandingkan ketika anda memiliki badan gemuk menjadi sering mendengkur. Cara ini disinyalir mampu efektif sebagai cara mengatasi dengkur saat tidur.

  1. Jangan minum yang mengandung alkohol

Obat penenang atau sering disebut dengan alkohol dapat menyebabkan mengurangi istirahat untuk beberapa otot tenggorokan bagian belakang. Jadi, kemungkinan besar dapat mengakibatkan dengkur pada saat tidur.

  1. Membiasakan dengan pola tidur yang baik

Kebiasaan buruk dengan tidak menjaga secara baik pola tidur anda, sama halnya dengan seseorang yang mengkonsumsi alkohol. Dengan berjam-jam bekerja tanpa istirahat tidur dapat menimbulkan anda merasa kelelahan dan menyebabkan efek mendengkur pada saat anda tidur.

  1. Menjaga dengan baik saluran pada hidung

Pada saat anda tidur, jika dengkuran tersebut berasal dari hidung, maka dengan menjaga saluran hidung supaya tetap terbuka dapat membantu dalam mengatasi dengkur saat tidur. Hal ini karena dapat memungkinkan udara yang bergerak menjadi lambat.
Saluran pernapasan sebenarnya memiliki fungsi dan cara kerja yang sama. Jika hidung mengalami penyempitan atau tersumbat yang biasanya disebabkan oleh flu atau penyakit yang lainnya, akan menyebabkan udara menjadi bergerak cepat dan mengakibatkan dengkuran pada saat tidur.
Agar anda dapat mengatasi dengkur saat tidur, anda dapat mandi dengan menggunakan air panas supaya dapat membantu membuka saluran pernapasan. Pada saat mandi anda dapat membilas hidung, karena hal tersebut dapat membantu mengatasi dengakuran saat tidur.

            Itulah beberapa cara mengatasi dengkur saat tidur yang dapat anda coba dan dapat membantu anda dalam mengatasi dengkur pada saat tidur. Sehingga teman tidur anda tidak merasa terganggu lagi.

 

null