Penyebab Tidur Mendengkur dan Cara Mengatasi Ngorok

antidengkur

Tidur adalah metode pengistirahatan tubuh yang paling pas. Akan tetapi, kualitas tidur bisa saja terganggu oleh hal-hal yang seringkali tak terduga, salah satunya adalah mendengkur. Nah, untuk mengatasi gangguan tidur yang satu ini, perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebab tidur mendengkur. Berikut ulasannya:

  1. Posisi tidur terlentang

Secara tak langsung posisi tidur terlentang adalah salah satu penyebab tidur mendengkur. Saat tidur terlentang ada beban berat yang menekan bagian saluran suara tenggorokan. Tekanan ini menyebabkan saluran nafas menyempit sehingga nafas bercampur dengan air liur dan mengalir secara tak stabil.

  1. Gangguan di Tenggorokan

Gangguan tenggorokan yang paling umum menjadi penyebab tidur mendengkur adalah pembengkakan tonsil atau yang sering disebut sebagai amandel. Amandel yang membesar membuat udara tak mengalir bebas pada tenggorokan. Akibatnya udara yang masuk tak langsung diteruskan.

  1. Berat badan berlebih

Penyebab tidur mendengkur lainnya adalah berat badan berlebih. Banyaknya lemak yang tertimbun pada tubuh tak hanya akan membelit bagian tubuh seperti perut, paha dan lengan, akan tetapi menumpuk pula pada bagian leher. Lemak pada bagian leher ini menekan tenggorokan sehingga nafas tak akan teratur terlebih ketika tidur.

  1. Bertambahnya usia

Usia adalah penyebab tidur mendengkur yang tak pernah dapat terelakkan. Semakin bertambahnya usia  kelenturan otot akan semakin menurun, termasuk otot pada bagian tenggorokan. Hal seperti ini juga berlaku pada wanita yang mulai mengalami penurunan hormone progesterone.

  1. Penggunaan obat penenang, merokok, dan alkohol

Obat penenang, rokok dan alkohol mungkin akan menimbulkan ketenangan sesaat. Efek

relaksasi ini sebenarnya justru menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kinerja otot. Pengaruh obat akan mengendurkan otot dan menekan syaraf pusat sehingga kemungkinan tidur mendengkur menjadi lebih besar.

  1. Kelelahan

Kelelahan juga menjadi salah satu penyebab tidur mendengkur yang paling sering terjadi. Namun, mendengkur yang disebabkan oleh kelelahan adalah sesuatu yang wajar. Saat lelah, otak kekurangan oksigen sehingga memerlukan nafas yang lebih sering dan panjang. Dilain sisi, otot sedangkan mengalami kekenduran akibat lelah. Kondisi seperti inilah yang seringkali membuat orang yang kelelahan mengalami dengkuran saat tidur.

  1. Ada gangguan di hidung

Sumbatan pada hidung akibat pilek atau polip adalah penyebab tidur mendengkur yang terakhir. Kondisi seperti ini membuat  orang tersebut harus bernafas lebih keras dengan harapan udara yang masuk ke paru-paru lebih banyak. Akan tetapi, hal ini justru membuat tekanan udara dalam tenggorokan stabil sehingga memnimbulkan bunyi dengkuran.

Begitu banyaknya penyebab tidur mendengkur diatas membuat banyak orang yang tanpa sadar mengalami dengkuran saat tidur. Parahnya, tidur mendengkur akan membuat orang yang berada di sekitar merasa terganggu. Jadi, jika anda mengalami mendengkur saat tidur segera temukan penyebab pastinya untuk menemukan metode pengobatan yang paling pas.

 

You may also like...

null